English EN Indonesian ID

Profil

Kaprodi
Teknik Informatika

Berdaya saing : Kemampuan program studi dalam menyiapkan kompetensi lulusan untuk menghadapi tantangan era global dan persaingan dunia kerja

Tentang teknik informatika

Program Studi Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika adalah salah satu Program Studi yang mempunyai jumlah mahasiswa yang aktif (sekitar 500 mahasiswa) di Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi. Didirikannya Program Studi Teknik Informatika ini adalah sebagai salah satu wujud dari peran aktif Yayasan Pendidikan Hamzanwadi dalam pendidikan tinggi nasional. Program Studi Teknik Informatika merupakan salah satu program studi yang termasuk kedalam Fakultas Teknik (FT) Universitas Hamzanwadi. Izin Penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika (S1) pada Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 356/E/O/2013 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 30 Agustus 2013 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kepala Bagian Hukum dan Kepegawaian dan telah terakreditasi pada tanggal 20 Mei Tahun 2016 melalui SK BAN-PT Nomor 0507/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016. Saat ini, Program Studi Teknik Informatika – Program Sarjana telah mendapatkan akreditasi B untuk periode 2019 s.d 2023. 

Sejarah Prodi Teknik Informatika

Sejarah Singkat

 

Program Studi Teknik Informatika merupakan salah satu program studi yang termasuk kedalam Fakultas Teknik (FT). Izin Penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika (S1) pada Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 356/E/O/2013 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 30 Agustus 2013 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kepala Bagian Hukum dan Kepegawaian dan telah terakreditasi pada tanggal 20 Mei Tahun 2016 melalui SK BAN-PT Nomor 0507/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016. Saat ini, Program Studi Teknik Informatika – Program Sarjana telah mendapatkan akreditasi B untuk periode 2019 s.d 2023. 

Program Studi Teknik Informatika dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi yang diangkat dari Dosen Tetap Yayasan yang memiliki tanggung jawab untuk merancang, melaksanakan, mengendalikan dan melakukan tindak lanjut semua aktivitas akademik yang ada pada program studi, dalam menjalankan semua kegiatan dan aktivitas di program studi, ketua program studi dibantu oleh dosen – dosen program studi, dan berkoordinasi dengan staf akademik, staf perpustakaan, laboran, Teknisi, wakil dekan akademik dan non akademik, Gugus Kendali Mutu (GKM) fakultas Teknik, dan juga P3MP Universitas Hamzanwadi. Dalam melaksanakan segala kegiatan pendidikan dan pengajaran program studi Teknik Informatika memiliki 11 Orang Dosen Tetap Program Studi yang semuanya memiliki kualifikasi akademik S2, dengan jumlah dosen yang sudah tersertifikasi mencapai 72 persen. Dan pada tahun 2018 Program Studi Teknik Informatika memiliki 1 Orang Dosen yang saat ini sedang melaksanakan studi lanjut S3 di Institute Teknologi Bandung. Selain Dosen tetap, program studi teknik informatika juga memiliki 3 orang dosen tetap diluar program studi berkualifikasi S2 yang membantu dalam menjalankan pendidikan dan pengajaran sehingga matakuliah yang ada pada program studi dapat diampu oleh dosen – dosen yang sesuai dengan kompetensinya. Sedangkan untuk layanan akademik maupun kemahasiswaan program studi dibantu oleh tenaga kependidikan dalam menjalankan aktivitas perkuliahan.

Kurikulum yang disusun Program Studi  Teknik Informatika mengacu pada Surat Keputusan Mendiknas RI Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan Surat Keputusan Mendiknas Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi. Kurikulum program studi Teknik Informatika juga mengacu pada ACM Computer Science Curricula 2008 dan Kurikulum  APTIKOM  yang merupakan sebuah organisasi profesi di bidang Informatika dan Komputer yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan terampil dalam bidang informatika dan mampu memecahkan persoalan di bidang teknologi informasi serta mampu menerapkannya di dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga akan lebih dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi maupun pengguna lulusan dan mendukung tercapainya tujuan, baik visi maupun misi program studi. Kurikulum yang digunakan oleh program studi Teknik Informatika adalah kurikulum yang berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang disusun berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku dan mengacu pada Sistem Kredit Semester (SKS) dengan beban bidang studi 147 sks terdiri dari 138 sks matakuliah wajib dan 9 sks matakuliah pilihan yang dapat diselesaikan sekurangkurangnya  4 tahun / 8 semester. Untuk peningkatan kualitas dalam pendidikan dan pengajaran, upaya yang dilakukan program studi antara lain adalah dengan cara melakukan proses peninjauan kurikulum secara berkala yang dilakukan dalam 1 kali peninjauan dalam dua tahun terakhir

Visi & misi

Visi

“Menjadi program studi yang unggul dan berdaya saing dalam bidang Informatika berbasis budaya santri”.

Misi

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, program studi teknik informatika mempunyai misi antara lain :

  • Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, mandiri, mampu beradaptasi, profesional dan tanggap terhadap pengembangan teknologi informasi.
  • Mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi informasi melalui kegiatan peneltian berkelanjutan berbasis sumber daya dan kearifan lokal yang mendukung pembangunan nasional dan kemajuan umat.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya masyarakat dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
  • Melaksanakan kerjasama strategis dengan berbagai pihak untuk yang berdampak pada pengembangan institusi, serta peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa.

Struktur Organisasi

Data Dosen

Labolatorium