• PROGRAM STUDI INFORMATIKA
  • Berdaya Saing dan Budaya Santri

Tujuan dan Sasaran

Tujuan Program Studi Teknik Informatika

Adapun tujuan Program Studi Teknik Informatika, selaras dengan misi yang telah ditetapkan, adalah pencapian tiap-tiap butir dari misi program studi Teknik Informatika.

Tujuan program studi Teknik Informatika pada tahun 2022-2041 adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu bersaing menjawab tantangan di era global, serta memiliki karakter santri dan spirit untuk mendukung pembangunan nasional dan memajukan umat
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada ranah Teknik Informatika khususnya; pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak dan Kecerdasan buatan, yang dimuat dalam jurnal lokal maupun nasional, yang dapat bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada ranah tersebut.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat baik dalam konteks pembangunan nasional maupun kemajuan umat.
  4. Menghasilkan kerjasama baik kerjasama lokal maupun kerjasama ditingkat nasional yang berdampak nyata bagi pengembangan institusi, serta peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa

Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam teknologi informasi serta mampu menjadi individu yang mandiri yang siap menjadi pengusaha teknologi dengan inovasi yang bermanfaat untuk kemajuan umat.

 


Sasaran Program Studi Teknik Informatika


Sasaran Program Studi mencerminkan sebuah ukuran keberhasilan yang akan dicapai menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan dengan mempertimbangkan kinerja dan sumberdaya program studi.

Penyelenggaraan pendidikan

Sasaran dari penyelenggaraan pendidikan guna menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, mandiri, mampu beradaptasi, profesional dan tanggap terhadap pengembangan teknologi informasi dilakukan dengan berbagai macam cara diantaranya adalah :

  • Meningkatkan pencapaian kelulusan tepat waktu 4 tahun,
  • Meningkatkan indeks prestasi komulatif lulusan,
  • Meningkatkan kompetensi dari lulusan yang nantinya berdampak pada lama masa tunggu lulusan untuk mendapat pekerjaan lebih singkat.
  • Meningkatkan prestasi mahasiswa/i untuk dapat bersaing di tingkat lokal maupun nasional.

Penyelenggaraan Penelitian

Sasaran program studi teknik informatika pada bidang penelitian antara lain meliputi :

  • Meningkatkan jumlah penelitian dosen dan mahasiswa program studi, baik penelitian lokal ditingkat universitas maupun penelitian di tingkat nasional,
  • Meningkatkan jumlah publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional tidak terakreditasi maupun jurnal nasional terakreditasi.
  • Meningkatkan kualitas relevansi penelitian dosen
  • Meningkatkan karya penelitian dosen untuk memperoleh hak paten / HAKI
  • Meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal ditingkat fakultas dan program studi.

Penyelenggaraan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sasaran program studi Teknik Informatika pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat antara lain adalah :

  • Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan semua dosen program studi serta mahasiswa untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Meningkatkan kualitas relevansi PKM dosen

Penyelenggaraan kerjasama

Sasaran program studi teknik informatika dalam penyelenggaraan kerja sama dengan lembaga lain baik lokal maupun nasional tentunya adalah :

  • Meningkatkan kerjasama dari semua aspek yang ada, sehingga dapat menjalin hubungan yang baik antara program studi teknik informatika dengan mitra kerjasama.
  • Meningkatkan kerjasama antar perguruan tinggi
  • Meningkatkan kerjasama dengan lembaga/instansi non-perguruan tinggi
  • Meningkatkan kerjasama dengan sekolah – sekolah lokasi pelaksanaan KP dan KKN Mahasiswa

Peningkatan kualifikasi dan kompetensi Sumber Daya Manusia

  • Sasaran yang dilakukan untuk peningkatan kualifikasi dan kompetensi Dosen adalah dengan mengadakan pelatihan/workshop/lokakarya untuk peningkatan kompetensi dan jabatan akademik dosen, maupun persiapan untuk pelaksanaan sertifikasi dosen serta mewujudkan lulusan yang memiliki jiwa kemandirian dan mampu menjadi pengusaha teknologi dengan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat

Halaman Lainnya
Rencana Pembelajaran Semester

Klik Icon disamping untuk Download RPS Mata Kuliah -- 

16/02/2022 08:44 - Oleh Teknik Informatika - Dilihat 1073 kali
Struktur Kurikulum Prodi

Belum Tersedia

16/02/2022 08:42 - Oleh Teknik Informatika - Dilihat 798 kali
Sebaran Matakuliah

Sebaran Matakuliah Program Studi Teknik Informatika  

16/02/2022 08:42 - Oleh Teknik Informatika - Dilihat 2104 kali
Profile Lulusan

Profil lulusan program studi Teknik Informatika adalah peran dan fungsi yang dapat dijalankan oleh lulusan program studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Hamzanwadi Selong setelah mem

16/02/2022 08:40 - Oleh Teknik Informatika - Dilihat 621 kali
Struktur Organisasi

09/02/2022 11:05 - Oleh Teknik Informatika - Dilihat 1030 kali